Profil

Jakarta, Jakarta Pusat, Indonesia
Ikatan Ahli Boga Indonesia (IKABOGA INDONENESIA) berdiri pada tanggal 3 Desember 1987 yang merupakan wadah tunggal Ahli Boga Indonesia. Pendirian ini merupakan realisasi dari gagasan Subkonsorsium Memasak dan Jasa Boga pada Direktorat Pendidikan Masyarakat Ditjen Diklusepora Departemen Pendidikan Nasional yang pada waktu itu dijabat oleh Bapak Prof. Dr. W.P. Napitupulu. Untuk itu telah diambil prakarsa melakukan beberapa kegiatan di daerah dan pelosok-pelosok inukota Jakarta dengan tujuan membentuk satu Organisasi yaitu Ikatan Ahli Boga Indonesia. Mandat diberikan kepada Dr. Dewi Motik Pramono, MSi yang selanjutnya menyelenggarakan Musyawarah Daerah (MUSDA) pada tanggal 3 Desember 1987 di Hotel Indonesia yang dilanjutkan dengan mengadakan Musyawarah Nasional Ikatan Ahli Boga Indonesia.

Minggu, 20 Desember 2009

Sejarah IKABOGA



Salah satu sasaran dari pembangunan pangan dan perbaikan gizi adalah  terciptanya kwalitas sumber daya manusia dan kwalitas masyarakat yang maju dan mandiri dalam suasana tentram dan sejahtera lahir bathin.


Untuk mencapai sasaran tersebut pemerintah telah melaksanakan berbagai program dibidang pangan dan gizi guna meningkatkan ketahanan pangan, penganekaragaman konsumsi pangan, dan peningkatan keamanan pangan.


Menurunnya daya beli masyarakat termasuk biaya untuk memenuhi kebutuhan pokok untuk makan sebagai akibat dari krisis ekonomi mengakibatkan  terjadi kekurangan gizi dan busung lapar. Demikian pula halnya dengan industri makanan, tingginya biaya produksi dan biaya lainnya membuat pengusaha catering/ bisnis usaha jasa boga kesulitan untuk melanjutkan usahanya.


Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, para ahli boga Indonesia bersama dengan sub konsorsium memasak dan jasa boga Direktorat Pendidikan Masyarakat Ditjen Diklusepora Departemen Pendidikan Nasional, sepakat untuk mendirikan Organisasi yang dapat menghimpun potensi para ahli boga Indonesia sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan program Pembangunan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi  bidang boga dan jasa boga.


Melalui serangkaian kegiatan yang dimotori oleh Ibu Dr. Dewi Motik Pramono, MSi, pada tanggal 3 Desember 1987 dilaksanakan Musyawarah Daerah Pertama Ahli Boga Indonesia di Hotel Indonesia yang menghasilkan kesepakatan untuk membentuk sebuah Organisasi Profesi yang menaungi para Ahli Boga Indonesia yaitu : IKATAN AHLI BOGA INDONESIA (IKABOGA) INDONESIA.


Sebagai suatu organisasi yang tumbuh dan berkembang tentu IKABOGA selalu berusaha meningkatkan keberadaannya dimasyarakat. Sejak tahun 1987 sampai sekarang sudah dilaksanakan 4 kali Musyawarah Nasional untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja sebelumnya dan menyusun program kerja serta kepengurusan baru agar selalu dinamis disesuaikan dengan  perkembangan situasi dan kondisi.


Pada tanggal 15 Mei 2007 Akte pendirian IKABOGA resmi tercatat pada Notaris Nyonya Tati Nurwati Sarjana Hukum No.06, dan telah didaftarkan ke Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Departemen Dalam Negeri . Up. Direktur Fasilitasi Organisasi Politik dan Kemasyarakatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
IKABOGA INDONESIA Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template